Jumat, 27 Januari 2012

Resensi Novel NonFiksi

Cover Novel.........................................................................................................................................i
Daftar Isi .............................................................................................................................................ii

1.    Identitas Buku.......................................................................................................................1
m.    Judul
n.    Pengarang
o.    Penerbit
p.    Tahun Terbit
q.    Cetakan
r.    Bentuk Buku
s.    Jenis Buku
t.    Bahasa
u.    Cover
v.    Halaman
w.    Ukuran
x.    Ilustrasi Kulit

2.    Materi
d.    Rangkuman......................................................................................................................2

3.    Kesimpulan
a.    Untuk siapa buku ini dibaca ?.................................................................................3
b.    Keunggulan Buku..........................................................................................................3
    Isi cerita
    Kertas
    Ilustrasi
    Kalimat
c.    Kekurangan Buku...........................................................................................................5
    Isi Cerita
    Kertas
    Ilustrasi
    Kalimat






•    Judul    : Menggenggam Dunia
•    Pengarang    : Gol A Gong
•    Penerbit    : Kepustakaan Populer Gramedia
•    Tahun Terbit    : Oktober 2011
•    Cetakan    : Ke-1
•    Bentuk Buku    : Novel
•    Halaman        : 308 halaman
•    Ilustrasi Buku    : sampulnya berwarna seperti waktu pada senja hari. Terdapat seorang laki-laki yang sedang mengembangkan tangannya ke atas dan berdiri di padang rumput yang luas. Terdapat juga empat buah buku yang tergambar seperti melayang di udara.








     Rangkuman
Betapa hebat para penulis itu. Dengan kata, mereka bisa menggenggam dunia sekaligus dengan isinya.... Janganlah meremehkan mereka, karena akulah korban dari kekuatan mereka, terlebih kekuatan kata.... Aku pernah sekarat oleh karena kekuatan kata.... Bahkan, tanah seluas 1.000 m2 di halaman belakang rumahku, di mana Rumah Dunia kubangun, juga kubeli dari rezeki yang diberikan Allah SWT melalui kekuatan kata-kata. Lihatlah, kata memperlihatkan kekuatannya!
Menggenggam Dunia, salah satu terbitan dalam Seri Rumah Dunia, menceritakan pergulatan dan angan-angan Gol A Gong. Menjadi cacat sejak usia 11 tahun tak membuatnya berhenti bermimpi. Bahkan, dengan satu tangan, ia sempat menjadi atlet badminton dan mengunjungi 8 negara Asia sambil terus menulis. Kecintaannya pada dunia tulis-menulis berbuah pada berdirinya Rumah Dunia—rumah sekaligus dunia yang membawa perubahan mendalam bagi tukang gorengan, pemulung, anak petani, serta tamatan SD hingga mampu menggenggam dunia—perubahan lewat kekuatan kata.



    Untuk siapa buku ini dibaca ?
Buku ini dapat dibaca oleh semua orang, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Buku ini dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi, perjuangan yang di tempuh, pengorbanan yang dilalui, dari awal permulaan kisah hidup sampai dengan angan-angan tujuan yang dijadikan sebagai pencapaian. Hal itulah yang menjadikan buku ini layak untuk dibaca oleh siapapun karena mengandung nilai didik yang bermoral tinggi. Namun, dibalik itu terselip juga kisah-kisah yang memilukan dan membahagiakan yang memiliki amanat tersendiri sehingga dapat dijadikan contoh dan panutan dalam kehidupan nyata.
    Keunggulan Buku ?
    Isi Buku :
Dari segi isinya, buku ini mengandung kisah-kisah yang mengundang banyak prasaan campur aduk yang timbul dari akibat membaca buku ini, bahkan akan tambah bersemangat karena kesannya sipembaca seolah-olah benar-benar merasakan atau yang megalami langsung kisah yang ada pada cerita. Banyak rahasia-rahasia membuat si pembaca semakin tambah penasaran. Selain itu, adapun amanat-amanat yang juga terpesan dari cerita seperti kehidupan yang wajib untuk diperjuangkan, pilihan itu selalu ada dalam kesusahaan dan kebimbangan, keharusannya sebuah pengorbanan dalam suatu pencapaian, hal itulah yang diajarkan dalam cerita yang dapat kita panut menjadi pedoman dalam kehidupan nyata kita.





    Kertas :
Novel ini tidak terlalu tebal karena hanya terdapat 308 halaman. Kertas yang digunakan berwarna putih terang sehingga memperjelas tulisan.

    Ilustrasi :
Pada cover buku ini Terdapat seorang laki-laki yang sedang mengembangkan tangannya ke atas dan berdiri di padang rumput yang luas. Terdapat juga empat buah buku yang tergambar seperti melayang di udara. Sampulnya sangat menarik dan dapat mencuri perhatian yang melihatnya.


    Kalimat :
Kalimat yang digunakan dalam menggambarkan kisah-kisah setiap tokoh sangatlah jelas, padat, dan komunikatif. Semua kalimat memberikan pengertian yang mudah untuk dipahami, susunan kalimatnyapun runtut dan tidak berbelit. Mudah dipahami dan sangat menarik.







    Kekurangan Buku ?
    Isi cerita :
Didalam kisah-kisah yang disampaikan pada buku ini terdapat buku ini dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi, perjuangan yang di tempuh, pengorbanan yang dilalui, dari awal permulaan kisah hidup sampai dengan angan-angan tujuan yang dijadikan sebagai pencapaian dan dibalik itu terselip juga kisah-kisah yang memilukan dan membahagiakan yang memiliki amanat tersendiri sehingga dapat dijadikan contoh dan panutan dalam kehidupan nyata. Namun ceritanya tidak ada yang mengisahkan kisah romantis yang biasa di alami oleh remaja-remaja masa kini sehingga saat membaca buku ini bisa dikatakan orang akan cepat bosan.
    Kertas :
Kertas yang digunakan relative murah, karena mudah robek dan kusam. Sedikit tipis dan perekatnya kurang kuat. Bukunyapun kurang tebal karena hanya terdapat 308 halaman.
    Ilustrasi :
Didalam buku ini tidak terdapat gambar-gambar, khususnya penggambaran mengenai lokasi tempat kejadian dan peristiwa-peristiwa khusus yang dialami oleh sipenulis. sampulnya berwarna seperti waktu pada senja hari. Pada cover : warna sedikit buram tidak terlalu jelas dan maksud dari coverpun kurang dimengerti.
    Kalimat :
Didalam buku ini, si penulis menggunakan beberapa bahasa asing selain Bahasa Indonesia seperti Bahasa. Sehingga untuk orang-orang awam yang kurang memahami akan sulit untuk mengerti maksud dari kisah yang disampaikan sipenulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar